[Postingan Ganjel] Youtube Lebih Dari TV ?

Entah kapan saya liat video youtube yang ini.

Kemudian ada lirik lagu yang bilang “Youtube lebih dari TV”. Mungkin lirik ini dibuat akibat banyak orang yang protes dengan acara tv yang gitu-gitu aja. Walaupun saya jarang nonton tv, tapi saya sempat menyaksikan kalau acara tv banyak berisi tayangan gak mendidik. Walaupun gak perlu nge-blur payudara, adegan kekerasan yang dipotong kasar, sampai scene berdarah yang harus dijadiin hitam putih. Memang jarang acara tv di Indonesia yang mempertontonkan hal tersebut. Tapi coba ditelaah lagi deh acaranya, kontennya, pesannya? Ada gak? Dan menurut saya malah lebih berbahaya dibanding acara tv kayak anime atau film hollywood di luar sana. Karena secara tidak langsung acara tv membentuk pola pikir. Tanpa harus menayangkan adegan syur, sekarang banyak anak kecil yang pacaran dengan alasan nonton sinetron di televisi. Hayoloh. Dulu pas SD gak berani berurusan dengan hal yang begituan.

Sekarang balik lagi sama video yang di share tadi. Bukan maksud menjelek-jelekkan, tapi isinya kok gitu ya. Memang sih ada peringatan usia tertentu buat nonton videonya, walaupun banyak dari mereka anak kecil yang nonton video tersebut dengan mengakali usia ketika mendaftarkan akun-akun di dunia maya. Mungkin bisa bilang “salah sendiri orang tua gak ngawasin” iya sih, lah pas nonton tv juga begitu toh. Apalagi akses internet bisa diakses melalui HP. Sekarang udah banyak anak kecil disuguhin gadged. Termasuk ponakan saya yang usianya baru 5 tahun.

Jadi mereka yang bilang Youtube lebih dari tv. Itu bisa jadi pilihan antara Lebih Baik atau Lebih Parah dari TV. Semua tergantung para creator yang menyuguhkan konten mereka di Youtube. Walau miris liat beranda Youtube pada tab trending (yang ada logo Apinya kalau buka via mobile) isinya Cuma video orang jalan,makan,ngobrol dan hal-hal remeh lainnya. Entah kenapa orang lebih suka dengan hal tersebut sehingga masuk Tab trending pada Youtube. Atau mungkin karena lagi musim orang bikin VLOG dengan tema Cuma jalan,makan,tidur jadi semua orang bikin seperti itu ya.

Youtube lebih dari tv? Hmm entahlah.

(saya gak maksud ngejelek-jelekin video tersebut, saya menghargai karya mereka. Tujuan mereka baik dan saya tau perjuangan membuat karya tersebut tidak mudah)

9 thoughts on “[Postingan Ganjel] Youtube Lebih Dari TV ?

  1. Ini juga mengganjal pikiranku, khususnya vlog yang lagi hits itu. Aku pribadi setelah nonton beberapa vlog agak bingung, jadi apa point dari video tadi (apa akunya aja yang bodoh), tambah bingung lagi, kok banyak yang suka. Ini antara mereka udah sangat lelah dengan acara tv atau terlalu kepo dengan keseharian orang lain, entahlah.
    Gak jauh beda sih, kayak blog yang nyeritain keseharian penulisnya, tapi menurutku kalau dibikin video tuh, rada gimana gitu, nonton keseharian seseorang dari bangun tidur sampe mau tidur lagi, well..

  2. I couldnt agree more.

    Aku apresiasi utk pencahayaannya dsbnya, totalitasnya. Tp aku sedih jg krn ngerasa ironi ketika mengatakan tv pembodohan tp ada adegan yg kurang senonohnya (adegan sofa), setidaknya bs dperhitungkan klu videonya bs d akses d bawah umur klu mmg ign lbh mendidik dr tv yg pembodohan. Ah entahlah, entah aku tipe yg strict atau mmg perlu dipertimbangkan krn mereka bnyk adek2 remaja yg suka dan d jdikan model.

  3. Hingga kini, youtube masih berfungsi seperti TV bagi saya: nonton sepakbola atau kalau tidak bisa nonton tinggal lihat di Youtube besoknya :mrgreen:

  4. Wah, serem juga ya. Iya deh ngga ngerti, orang Indonesia suka kepo ga jelas, pengen tau kehidupan orang lain jadi vlog daily itu laku meskipun isinya gitu-gitu aja. Aku suka pilihin sih kalau nonton youtube, karena kita kan selalu bisa milih, yang baik, yang buruk. Dan adik-adikku yang sd juga ga pernah liat youtube tanpa sepengetahuan ku, masih aman sampai sekarang.

  5. *Nggak berani nge-play karena ada mama di sebelah (tapi aku nggak di bawah umur lho)* Ngomongin tentang vlog, aku juga nggak paham. Baru kemarin iseng nonton salah satu vlog bintang youtube indonesia. Kirain seru, ternyata kok…. Untungnya sih featured video di halaman depan youtube disesuaikan sama likes dan subscribing kita ya. Jadi video2 nggak mutu ala indo nggak pernah masuk radarku (kecuali buka tab trending). Bagiku yang jarang banget nonton TV, youtube emang lebih dari TV in positive way sih.

  6. Tulisan yang menarik. Bagiku semua sama aja, tv maupun youtube sama2 bisa ditonton secara bebas, masing2 punya banyak sisi negatif yang bisa merusak pola pikir anak. Tonton saja tontonan yang baik, karena agama kita udah begitu baik 😉

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

