Postingan Ganjel : Begal yang Dibakar

Sudah sering saya dengar maling yang dihakimi masa, berakhir dengan dibakar. Bahkan sebelum zaman youtube ramai seperti ini. Jadi pemberitaan begal yang terjadi dimana-mana, karena sudah menyebar dan mendapat banyak respon. Ada yang dibuat meme, guyonan, status dan sejenisnya. Ya namanya juga jaman internet, kalau ada berita yang heboh langsung ramai dijadikan bahan omongan. Termasuk saya ini, dijadikan bahan buat tulisan. Oh iya yang saya tahu dari desa saya, kalau ada maling yang tertangkap itu gak boleh dibunuh warga, karena teman-temannya bisa balas dendam. Lagian kasihan juga sih, begal itu sampek jadi amukan masa. Okelah memang meresahkan, tapi sudah ada pihak yang berwenang toh. Boleh deh bilang pihak yang berwenang lelet, tapi apa boleh warga menghakimi tanpa melalui prosedur?

Lagian kalau misal begal itu diserahkan ke polisi, bukannya gak mungkin kalau pihak kepolisian bisa melacak rekan-rekannya yang lain. Saya pernah dapat cerita, teman dari teman saya tertangkap karena ngedarin narkoba. Nah setelah ditangkap dia ditawarin entah dibebaskan atau dapat keringanan hukuman, tapi harus menjaring teman-temannya yang lain. Coba kalau misal begal yang dibakar itu tertangkap hidup-hidup. Dia bisa dimintai kesaksian biar organisasinya terlacak. Organisasi kriminal jauh lebih terstruktur loh dibandingkan organisasi di lembaga-lembaga lain. Misalnya deh, kalau kalian punya sepeda motornya terus kecurian(Nauudzubillah ya,) terus minta bantuin cari lewat jalur polisi. Hasilnya akan lama, biayanya juga besar. Bandingin kalau tanya sepedanya dari jalur maling, biasanya lebih cepet. Soalnya pelaku curanmor, setelah dapat motornya gak langsung dijual. Tapi ditaruh di penadah dulu. Tentu harus bayar juga sih, kalau mau melacak. Harganya lebih murah kok. Hohoho ini bukan promo ya.

Terus, yang saya heran dari dulu sampai sekarang, mungkin kalian juga. Kenapa begal yang nyuri motor atau ngambil tas dari ibu-ibu atau yang lebih ringan, maling ayam itu harus dihajar atau bahkan dibunuh? Malah kadang warga salah ngehakimin orang. Terus kalau gitu yang tanggung jawab siapa? Ujung-ujungnya saling menyalahkan. Bener kata Alan Turing di film The Imitation Game : Kenapa orang suka kekerasan? Karena rasanya nikmat. Sekarang bandingin tersangka korupsi, mereka nyurinya lebih besar loh, uangnya bisa dibuat beli motor hasil begal berlusin-lusin. Yang dirugiin bukan cuma satu dua orang. Bangsa Indonesia yang dibuat rugi, gak tanggung-tanggung. Namun, orang-orang berani gak bakar tersangka koruptor? Sebenarnya mereka berani sih, tapi apa daya pasti mereka dalam penanganan polisi. Tuh liat pejabat korup aja dilindungi, masak maling ayam nggak? Aneh kan. Padahal katanya mereka setara di mata hukum. Tuh dewi keadilan aja matanya ditutup biar gak pandang bulu pas mengadili.

Hmm sadar nggak sih, setiap ada kejadian di lembaga negara. Entah korupsi, kisruh anggota di dalamnya selalu saja kalah pemberitaannya dengan kasus kecil dibesar-besarin. Begal dibakar saya bilang kecil, karena setiap menyaksikan berita kriminal selalu ada kasus main hakim sendiri toh. Sekarang juga ramai berita tentang batu akik. Mungkinkah berita kecil yang dibesar-besarin memang sengaja dibuat agar menutupi kasus yang jauh lebih besar? Entahlah, Indonesia banyak pelawaknya. Lucu.

Udah ah sotoynya. Saya nulis cuma pengen nuangin uneg uneg di kepala aja. Daripada ganjel gak enak banget dibawa tengkuk. Kepikiran terus, jadi gak fokus ngerjain sesuatu. Jadi saya tulis aja deh. Mungkin salah, mungkin benar. Namanya juga manusia hohoho.

Gimana menurut kalian tentang pemberitaan begal dan mungkin tambahan tentang batu akik yang lagi ramai diberitakan?

Salam :*

Advertisements

18 thoughts on “Postingan Ganjel : Begal yang Dibakar

  1. Tindakan main hakim sendiri kayanya udah mendarah daging di sekitar masyarakat kita, bentuk tidak kepercayaan terhadap lembaga kepolisian #imo hehe

    Nice post!

  2. ini kayaknya ada yang typo deh tulisan caption komentarnya ._.

    menurut saya para pembegal itu gak hanya ingin motor, mereka juga menginginkan eksistensi dengan terror di bc bbm, gak ngerti deh apa ada maksud lain..
    soal batu akik, ini sudah akan memasuki fase berhala sepertinya. Disayangkan juga mereka yang melakukan penambangan batu besar-besaran, merusak alam saja.
    Dan memang sepertinya berita-berita ini hanya untuk menutupi berita besar di pemerintahan, media Indonesia sudah diambil alih politik sepertinya

    1. Typo dari komentar yang mana mbak?
      iya sih, itu kok bisa rame batu akik gimana ceritanya, ya? Tau-tau langsung heboh. Bener juga sih, eman-eman alam rusak gara-gara hiasan
      Iyaa dulu stasiun tv ikut tvri,sekarang ikut kepentingan politik masing-masing

  3. Iya, sih. tapi kalo aku denger dari komentar orang-orang yang mendukung pembakaran itu, kebanyakan mereka udah kecewa ama aparat keamanan pemerintah. Bisa muncul banyak begal saat malam, sedangkan aparat keamanannya saat malam kurang banget. itu satu kekecewaan.

    dua, sejak maraknya begal, tidak satu pun media yang mau memberitakan bahwa ada begal yang sudah ditangkap polisi, hal itu membuat banyak orang berpikir, kalo polisi seolah tak mau ngurusin masalah begal ini.

    Tiga, aparat keamanan banyak yang menganjurkan untuk jangan pulang sendirian dan terlalu malam. seolah, kalo kena begal, kitanya yang salah karena pulang malam.

    karena kekecewaan itulah, makanya mereka memilih mengadili sesuka hati sampai puas. karena memang, nyiksa orang yang meresahkan itu nikmat. meski itu bukan tindakan benar. toh polisi juga tak akan menagkap semua warga. *oh, negeriku*

    1. iya mereka sudah tidak yakin dengan lembaga keamanannya sendiri. Sulit untuk menumbuhkan kepercayaan lagi. Jadi mereka memberi hukuman atas kejahatan kriminal. Tapi lagi-lagi kriminal kecil, karena para aparat melindungi kriminal yang besar.. optimis aja deh buat negeri ini šŸ™‚

  4. Saya malah bisa sedikit memaklumi aksi sadis warga itu mas, kalau ngga salah ada sebuah teori dari siapa gitu, intinya bila hukum sudah tidak bisa lagi menindak kejahatan, maka kejahatan itu akan mendapatkan sanksi sosial yang tak kalah jahat, hehehe

  5. Bener mas… masy ini cuma berani ama penjahat2 gitu…koruptor2 itu malah masih enak2 aja idupnya…jgn2 ini kerjaan mrk jg bikin trend begal spy kejahatan2 mrk ga jd pusat perhatian publik lagi ;p Apa sih yg ga mungkin dilakuin koruptor..uang panasnya toh bnyk kan -__-

  6. Kalau begal uang rakyat mah emang terlalu ringan kalau cuma dibakar di dunia mah, panasnya ga seberapa, tunggu aja nanti.
    Hukum manusia emang penuh kecacatan.

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s