Postingan Ganjel : Mengenai hukuman mati

Saya mendukung hukuman mati asal sesuai dengan proses peradilan. Karena bisa menimbulkan efek jera(tentu karena sudah mati pelakunya) dan juga bisa mencegah orang lain melakukan perbuatan serupa. Okelah, kalau melakukan kesalahan bisa bertaubat, dan orang itu bisa berubah. Tapi namanya luka tidak akan sepenuhnya hilang. Pihak keluarga yang ditinggalkan -kalau misal kasusnya pembunuhan- tidak akan lupa dan 100% nerima. Kalau sekedar bertaubat dan mau berubah bisa saja membuat orang lain berpikiran “ah mau bunuh orang ah, nanti saya mau berubah dan bertaubat,kok”. Kan masalah taubat urusan dia dengan Tuhannya. Kejahatannya harus diganjar juga,dong. Selain itu, dalam urusan taubat, kalau masalah yang dilakukan berurusan dengan orang lain, selain tidak akan mengulangi kembali, taubatnya diterima asal orang yang dizalimi memaafkan. Ya begitulah yang saya yakini, entah dengan keyakinan yang lain.

Masalah kejahatan yang ganjarannya hukuman mati rata-rata kasus yang berat. Seperti pembuhunan berencana ataupun genosida, pengedar narkoba yang berkilo-kilo, dan terorisme. Mungkin kebijakan hukuman mati dapat saya terima, karena masalah yang ditimbulkan dari kejahatan tersebut akan sangat berdampak serius. Maling sepeda motor dihukum penjara masih bisa wajar, karena motor yang hilang dapat kembali. Tapi kalau urusannya nyawa mana mungkin bisa kembali. Menurut saya, proses seseorang mendapat hukuman mati juga ada beberapa tahapannya,kan? Tidak langsung-langsung serta merta mendapat hukuman mati. Seperti orang yang membela diri dari penjahat, sehingga membuat pelaku kejahatan tersebut tewas. Kayaknya orang tadi gak langsung mendapat hukuman mati. Kasus ini banyak dialami oleh para tenaga kerja yang berada di luar negeri, apalagi yang menerapkan hukum qhisas. Yaitu nyawa dibalas nyawa. Tentu saja, pihak Indonesia berupaya mati-matian untuk membebaskan saudara kita yang sedang menjalani proses sidang. Sama yang dilakukan pihak Australia dan Brazil yang berusaha mati-matian menyelamatkan warganya.

Saya termasuk pro dengan hukuman mati, tentu saja setelah melalui persidangan yang adil (walaupun susah untuk mengharapkan keadilan saat ini). Tapi meskipun begitu, kalau saya atau keluarga,kerabat, ataupun teman dekat saya menjadi terpidana mati, saya akan tetap berusaha mendapatkan ampunan, hehehe. Namun kalau putusannya ditolak, mau gimana lagi? Jika putusan pengadilan terjadi kesalahan, suatu saat Allah yang akan mengadili dengan seadil-adilnya. 🙂

Ini cuma sekedar opini sok tahu saya. Pendapat saya bisa benar bisa salah. Bisa dibantah dengan argumen kalian. Tapi saya hanya berpendapat, soalnya diperbolehkan menurut undang-undang di negara ini :D.

Tentu saja hukuman mati akan menimbulkan pro dan kontra.

Salam :*

Advertisements

19 thoughts on “Postingan Ganjel : Mengenai hukuman mati

  1. waahh ini isu yang lagi hits,, kalau di ibaratkan nasi mah lagi anget – angetnya. 😀
    hhmm sedikit banyak setuju see sama opininya,, kalau masalah hukum menghukum itu emang harus ditegakkan tapi masalah kebenaran atau tidaknya, bohong ata tidaknya dan yang berbau tidak benar itu nanti sudah ada kisah kasih dan tempatnya bersama Tuhan-Nya.. hehehe 😀

  2. Saya juga pro dengan hukuman mati untuk kasus korupsi. Para koruptor itu mau kelas teri apalagi kelas kakap yg udah merugikan banyak orang, emang gak boleh ada tempat lagi buat mereka di dunia ini. Kalau kasus pembunuhan sepertinya masih bisa diberikan sedikit toleransi tergantung motif.

  3. Saya setengah pro, setengah kontra sih.
    Pro karena ada yg udah dihukum puluhan tahun bahkan seumur hidup tetep gak tobat juga dan masih mengulang kesalahannya dari dalam penjara. Jadi kayaknya hukuman mati cuma jalan satu-satunya.

    Kontra karena yaaahhh… Saya melihat dari sisi si terpidananya. Bayangin aja kalau kalian tahu hidup kalian cuma tinggal lima menit dan kalian bakalan mati ditembak polisi. Gak tega.

    1. Hmm iya sih, makanya eksekutor terpidana mati bukan orang yang memiliki hubungan darah ya, biar gak ada unsur tega-tegaan mbak.
      Lagian kan gak ada orang yang pengen dihukum mati :3

  4. gua pro dengan hukuman mati. dgn cttn emang kejahatannya udah parah banget. nah kalau masalah membawa narkoba ini kan udah kejahatan berat. daripada generasi muda terjerat makin parah. gua malesnya kalau yang kontra dengan hukuman mati terpidana narkoba ini, ntar kalau makin banyak generasi muda terjerat, trus dia koar-koar kalau pemerintah tuh gak mau berusaha. WTF

  5. gue setuju dengan hukuman mati untuk koruptor. Skrg ini hukum gak ada yg bener. udah jelas2 korupsi tapi masih bisa seneng2 di rutan. itu dihukum biar jera atau dikasi pelayanan?

  6. setujuuuu mas ^o^ Aku juga pro ama hukuman mati.. apalagi kalo udh menyangkut narkoba, terorisme dan kejahatan kejam yg mengakibatkan nyawa org lain melayang lah… Harapan sih, yg koruptor2 ini jg bisa kena -__-

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s