Postingan Ganjel : Kekayaan Indonesia

Pikiran saya terganggu setelah membaca buku kreatif sampai mati karya maswaditya. Pengantarnya bilang, kalau jepang memperoleh sekitar puluhan triliun setiap tahunnya, itupun hanya dari sektor hiburan. Dibandingkan indonesia, memang hanya selisih beberapa triliun tapi dari banyak sektor. Ada apa sih dengan Indonesia? Rakyatnya kan kreatif dari dulu, terlihat dari peninggalan kerajaan. Sudah mengenal proses fermentasi dari pembuatan tape dan tempe, jauuh sebelum pelajaran ipa diajarkan. Jauuuh sekolah formal didirikan.

Mungkin kita terlalu dimanjakan dengan kekayaan alam. Tapi hanya dimanjakan. Gak mau mengolah. Negara kita yang memiliki laut yang buanyak turis Cuma kenalnya sama Bali. Hei banyak loh yang lebih keren dari Bali. Kekayaaan alam akan segera habis, kita cuma jual barang mentah ke negara lain. Setelah diolah kita beli. Jual murah ke mereka, beli mahal dari mereka. Konsumtif abis. Saya juga sih, siapa yang gak tergoda dengan barang merk luar negeri. Ya kadang barangnya dibikin di Indonesia, terus Cuma ditempel merk luar. Harganya langsung melejit.

Sekolah tinggi-tinggi Cuma dicetak sebagai penjawab soal. Mata kuliah diberikan dengan tujuan mahasiswa bisa sekedar lulus. Tanpa tahu ilmu itu dibuat apa. Yang penting nilai tinggi, lamaran diterima peluangnya tinggi. Tapi masak iya, kita hidup untuk itu? Kenapa banyak anak yang gak bisa jadi apa yang mereka mau. Ada yang mengejar impian mereka, di tengah jalan mereka putus asa. Tidak ada apresiasi. Orang tua tidak mendukung. Mencari aman. Memang sih walaupun halal tidak ada pekerjaan rendah. Tapi coba liat gula halal tapi tidak baik untuk orang yang menderita diabetes. Coba liat durian halal tapi tidak baik bagi penderita jantung. Pasti banyak kalian yang berpikir perumpamaan macam apa itu -_-.

Udah ah ngeluhnya, saya optimis Indonesia masih bisa lebih keren. Kita udah bergerak maju, orang tua tidak lagi kolot dengan pemikiran mereka. Atau karena orang tua kolot sudah berganti dengan kita yang muda sudah menjadi tua? Sekarang banyak profesi aneh-aneh yang berkembang di Indonesia. Tentunya halal dong. Ini cuma sekedar opini, sekedar curhat. Cobalah kembangin potensi yang jauh lebih hebat daripada kekayaan laut,alam,tambang di Indonesia. Kekayaan umat manusianya. Mereka gak akan habis. Akan lebih menghasilkan daripada bahan tambang kita. Tentu kalau diolah dengan benar. Didukung oleh pemerintahnya dengan baik. Tidak dikucilkan, tidak hanya mengedepankan pendidikan formal yang hanya mencetak bibit-bibit yang mengerjakan soal-soal di atas kertas. Soal-soal dalam hidup lebih dari itu.

Salam :*

Advertisements

7 thoughts on “Postingan Ganjel : Kekayaan Indonesia

  1. puh super sekali.
    tumben postingan versi bener nih. biasanya ada selipan komedi gak jelas yang alhasil membuat reader lupa inti penyampaian tulisannya wkwkwk

    duh ini tulisannya semacam menampar T___T
    aku juga berasa kena tampar uhuhu.
    apalagi kalo lihat adek2 kita yang masih sma, tambah takut aku generasi penerus bangsa mau kek gimana.

    1. iyaa untung kamu dan aku sadar sudah kena tampar, jadi ngerti negara ini udah banyak masalah. nah yang belum kena tampar dan sudah kena, tapi gk sadar-sadar ini yang repot :(((

      sekali-kali posting yang bener dong, masak guyon tok wkwkw

    1. memang sih harga emas akan stabil cocok untuk investasi. Tapi emas freeport gak 100 % penghasilannya gak masuk ke Indonesia. Coba dengan proses kreatif, siapa tahu emas yang ada disana bisa kembali ke tangan indonesia :3

  2. Ya gitu. Orang Indonesia digembleng buat selalu oke dalam akademis doank. ._. Belom lagi baru ide doank uda langsung protes lah, ngungkit lah, sampek maki-maki lah.. Beda sama Jepang yang kalok ada rencana dari sektor hiburan tuh semuanya oke-oke aja, ikhlas-ikhlas aja, ngga mikirin rugi karena uda risiko..

    1. iyaa terlalu banyak mikir ini itu dan protes ini itu, terlalu takut ngambil resiko negara kita beb. Coba kalau ada ide segar langsung dilaksanakan, kan bisa keren negara ini ohohoho

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s