Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Meninggalkan Kosan

Daun-Pintu-Minimalis-Modern-2014

Ga perlu bertele-tele ya. Wahai para penghuni kosan dimanapun anda berada, kalian gak selalu ada di kosan, kan? Pasti ada aja alasan yang membuat kalian harus meninggalkan kosan walaupun sebentar. Nih saya share apa saja sih yang perlu dilakukan kalau sebelum meninggalkan kosan. Semoga saran saya bisa bermanfaat bagi kalian agar menjadi anak kos yang berbudi luhur :3.

Pastikan terkunci dengan benar

Iya biar barang-barang ditinggalkan aman, gak ada yang mengusik seperti hubungan kita berdua #ciee. Kan gak enak toh, Cuma ditinggal bentar beli makan, tau-tau barang di kosan seperti uang,laptop, kasur-bantal-guling semuanya raib tak tersisa. Lagian Cuma keluar 100 meter dari kosan mau bawa barang-barang berat tadi keluar biar gak dicolong itu buat apa coba? Dirampok di jalan tau rasa :p. Mending di kunci kamar kosannya, kan?

Kunci kamarnya gak perlu mahal yang sampek terbuat dari emas. Itu kosan bukan peti harta karun. Gak perlu kasih password atau pengaman ketat lainnya. Emangnya brankas? Lagian isi dari kosan selain barang berharga kayak leptop dan uang,  palingan baju kotor becampur baju bekas :p. Kalau pintu dikasih pengaman kayak password teru lupa gimana tuh? Mau numpang tidur di kamar sebelah atau minta reset password ke bu kos? 😀

Oh iya jangan cuma satu kunci, kalau perlu pake kunci ganda atau kunci setir (itu kosan apa motor coy?). terus jangan asal kunci abis gitu kuncinya disepelein :p

Tidak meninggalkan barang-barang berharga atau dibutuhkan

Misalnya anda keluar ingin pergi berburu, sebaiknya bawa peralatan yang dibutuhkan seperti busur,panah, dan tombak. Jangan malah ditinggal di kosan tapi malah bawa setumpuk baju untuk di-laundry-kan. Lupa manusiawi toh, tapi masak iya, mudik naik motor tapi motornya ketinggalan dalam kamar ? -_-

Tapi yang sering kelupaan biasanya sih uang, ataupun Hp kalau pas keluar kosan. Biasanya tuh bingung kalau beli makan di warung. Pas mau bayar langsung ling lung dikira uangnya hilang padahal ya lupa dibawa :p. Selain itu pas enak-enak nongkrong liat temennya nunduk di depan hpnya tiba-tiba bingung karena ngira hpnya hilang padahal hpnya terselip dibawa bantal. Jadi kalau mau kemana-mana cek dulu yang mau dibawa. Pastiin barang yang dibawa bener, jangan ngawur.

Mematikan sumber daya dan tenaga.

Biasanya kalau ditinggal lama mendingan lepas semua peralatan listrik. Gak akan ada yang numpang ngecharger hp kok. Dedemit gak punya hp, beneri nih. takut-takut ada hubungan arus pendek ( kasihan hubungannya gak awet L ) terus gara-gara stop kontak lupa dicabut dan nyambung kongslet kebakaran deh. Padahal kosannya nunggak 3 bulan eh malah diusir suruh bayar ganti rugi lagi.

Selain peralatan listrik, biasanya gas LPG (kadang ada kamar kos yang jadi satu sama dapur) yang nyambung ke kompor dicek sudah mati belum. Gak mau kan balik ke kosan, semuanya telah rata dengan tanah, menyisakan kenangan yang mengiris kalbu (aseeek). Lagian apa susahnya sih nyabut stop kontak atau ngecek kompor udah mati atau belum. Narik kabel gak seberat melupakan mantan kok (pfft)

Mengkondisikan kasur dan bantal terhindar dari jamur dan bakteri

Kalau bagian ini saya sering lupa biasanya. Pernah kamar kosan saya tinggal mudik sekitar 3 minggu. Ketika masuk kamar, kasurnya langsung apek dan banyak jamur yang siap di panen. Ya soalnya kamarnya ketutup rapat selama itu, jadi jamur tumbuh subur deh. Jamurnya gak bisa diolah lagi. Bisa sih tapi jadi racun. Saran saya sih, kalau pergi lama, spreinya lepas dari kasurnya. Sarung bantal gulingnya juga. terus jangan dibaringkan. Taruh di posisi tegak gitu. Saya gak tau kenapa efek tumbuh jamurnya bisa berkurang. Tapi bisa dicoba kok. Kalau pengen afdol lagi, pas sampek dari mudik ke kosan jangan langsung tidur. Itu debu, sarang laba-laba, disapu dulu toh. Gak mau kan tidur gak nyenyak gara-gara kamar kotor (perhatian banget aku kan :*). Kasurnya juga jangan lupa dijemur, dan sebelum masuk kamar jangan lupa baca doa :3.

Udah segitu aja, kalau mau nambahin silahkan

sumber gambar : klik

Advertisements

21 thoughts on “Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Meninggalkan Kosan

  1. Tambah satu bole g bang?

    Makan2an n sampah di kotak sampah dlem kamar harap dibuang dulu kalo mau pergi jauh

    Pengalaman ada aroma nasi padang terfermentasi gara2 lupa kosongin kotak sampah di kamar 😐

  2. gw paling males kalo balik mudik tuh debu kamar kostan sesuatu bngt deh (=__=”) … mudik jd princess balik k kostan jd babu lg 😆 😆

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s