Gadis Pembuat Sejarah

history-home
Ilustrasi

Sewaktu smp, ketika membaca komik one piece saya berkenalan dengan salah satu karakter Nico Robin-wanita yang mempunyai kemampuan arkeolog. Saat itulah saya tertarik dengan sejarah, sama seperti Nico Robin, yang bermaksud mencari sejarah yang hilang, aku juga ingin mengungkap sejarah di dunia ini. walau banyak yang bilang sejarah itu membosankan. Karena terlalu banyak hapalan, dan sering dibenci oleh para siswa, disamping guru sejarah terkadang mengajar dengan cara yang membosankan.

Tapi menurutku, sejarah tidak hanya sekedar mengahapal. Kita tak hanya menghapal tahun,tokoh atau bagaimana alur sebuah kerajaan berdiri hinggah jatuh. Tapi ada banyak pelajaran yang bisa kita petik, ada kisah yang bisa dijadikan inspirasi. Oleh karena itu, aku bertekad ketika SMA, aku harus belajar sejarah lebih dalam, dan berarti aku harus masuk jurusan IPS.

Namun ketika aku SMA, aku bertemu dengan seorang gadis yang menyebabkan aku harus masuk IPA, karena aku ingin mengenalnya lebih jauh, aku ada rasa kepadanya. Aku cari tahu kenapa dia masuk IPA, dia gadis yang suka dengan fisika dan segala bidang yang berhubungan dengan pelajaran ini. tak mungkin dia masuk IPS, jadi sudah kuputuskan aku ikut kemana jurusan yang dia pilih. Mungkin sudah takdir aku tidak memperdalam belajar sejarah, walau dengan kurikulum waktu itu jurusan IPA juga belajar sejarah.

Untung minatku tidak hanya di bidang sejarah, ada minat di bidang lain yang aku dalami. Sehingga aku tidak perlu risau, ketika aku tidak bisa belajar sejarah, aku bisa mendalami minatku yang lain. Ya minatku adalah bidang komputer, bukankah salah satu impianku ingin membuat alat yang bisa berhubungan dengan kenangan,memori, yang semuanya menjurus ke arah pelajaran sejarah, seperti tulisanku yang ini

Aku yakin Tuhan mendengarkan imajinasiku dan Tuhan mengarahkannya kesana. Mungkin aku tidak mempelajari sejarah, tapi aku yang berada di dalamnya, aku pelaku sejarahnya. Mungkin tidak ada orang di dunia yang tahu tentang sejarahku, walau hanya dia dan aku yang tahu. Aku tidak perlu belajar apa itu prasasti, bahasa yang ada di dalam relief. Tapi aku yang mengukir prasastiku sendiri tanpa perlu belajar bahasa kuno. Toh hanya aku sendiri (atau mungkin dia) yang membaca untuk sekedar mengulang apa yang terjadi di masa lampau, ketika sejarahku terjadi. Β semua tertulis dengan bahasa,cara, dan emosiku sendiri.

Tuhan memang selalu mendengar apa yang diinginkan hambaNya. Dia lebih tahu bahkan dari HambaNya sendiri. Jadi Dia pasti tahu apa yang aku mau, tapi kadang caraku dan caraNya berbeda untuk mencapai yang aku mau. Aku harus terima ketika aku diarahkan olehNya, agar aku tahu, KuasaNya memang ada, dan menyadari bahwa aku juga manusia, ciptaanNya yang berada dalam kendaliNya. Aku harusnya bersyukur, dengan cara Tuhan, aku juga bisa bertemu dengan gadis ituΒ :).

END

hehehe saya curhat lagi :3, maklum ada unek-unek yang ingin ditulis. Mungkin kalian yang membaca pernah mengalami kejadian serupa share di komentar yaa πŸ˜€

sumber gambar : disini

15 thoughts on “Gadis Pembuat Sejarah

  1. Sama nih saya juga, meski masuk IPA tapi pelajaran yg disuka justru sejarah. Dan untungnya emang masih ada. Paling suka sejarah abad pertengahan, sayangnya ga terlalu dibahas dalam di kurikulum. Pas kecil pernah punya cita-cita jadi arkeolog.

    Si gadis pembuat sejarahnya udah jadi sejarah kah? πŸ˜›

    1. Ya yg mendalam masalah sejarah jurusan ips sih hehe
      Si gadis yg kutulis masih dalam penulisan sejarah dong alias masih hidup. Bukan sudah berbentuk fosil πŸ˜€

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

