Offline Dulu Yuk!

Di tahun 2014 ini teknologi semakin maju(bahasaku kayak latar belakang proposal skripsi aja ya -_-). Ya tekonologi semakin canggih apa lagi teknologi internet, yang bahkan semua orang bisa menggunakan. Kecuali orang mati , orang dalam kandungan dan juga orang dalam gendongan. Semua kegiatan bisa dilakukan di dunia maya, tempat internet beroperasi. Tapi dampaknya kadang bisa membuat orang lupa diri. Terlalu lama mengakses internet gak baik buat kesehatan dan juga kondisi keuangan. Maklum di kosan gak ada wifi yang bisa ditumpangi. Jadi kita harusnya istirahat dulu dari dunia maya, istilah kerennya sih offline. Banyak alasan orang offline walau sejenak dari dunia maya. Entah kemauannya sendiri atau karena kehendak alam (sih koh). Nah berikut alasan orang harus offilne dulu dari dunia maya.

Koneksi internet terputus

Ya salah satu alasan yang jelas menurut saya. Karena kita semua tahu kunci pintu menuju dunia maya adalah internet, tapi saya belum tahu apa kunci yang bisa membuka hati kamu (ini buat cewek, cowok diem gak usah ngarep). Tanpa internet penduduk dunia maya seakan tak berdaya, seakan kehilangan separuh nyawa dalam dirinya. Ya semacam oksigen lah, cuma sayang masih dibatasi oleh kuota.

Kalau sudah internet putus, ini bisa membahayakan para kaum muda masa kini. Gak bisa update kegiatan mereka lagi kan . Gak bisa post kalau mereka habis mandi terus upload foto mereka lagi berak di WC. Gak bisa check in di foursquare kalau mereka sedang makan cilok lek edy,terus foto ciloknya kemudian di upload ke instagram dan dikasih hestek “ #cilokedy #hasilngutang #instapic #mieinstan #likeyaa #muach” . Atau bahkan untuk sekedar buat status “hUfT in3etTnyaAgh m4tiIeGh niI3eg9H”.

Ada berbagai sebab internet mati entah karena pulsa internet sudah habis, listrik padam gara PLN yang iseng dan semacamnya. Kalau internet matinya cuma sebentar, itu gak masalah. Tapi kalau lama? Gak usah lama-lama sampai setahun , cukup seminggu aja deh, gimana perasaan para penduduk dunia maya? Kemana mereka akan mencurahkan isi perutnya kalau gak ke WC? eh isi hatinya deng  :p.

Tapi jangan khawatir, di dunia maya kalau internet mati, aktivitas mati total, tapi bandingkan dengan dunia nyata, Kalau kalian mau nonton film di bioskop tapi tiketnya habis, bisa nonton Film hasil ngopi di warnet bisa ambil banyak, malah harganya jauh lebih murah. Ya, kalau di dunia nyata aktivitas A tidak bisa dikerjakan, kalian masih hidup untuk ngerjain aktivitas B,C dan lainnya. So jangan khawatir kalau internet mati, hidup kalian masih berjalan kok, ini bisa jadi peringatan dunia kita gak cuma dunia maya aja kan :3.

Orang-orang di dunia maya mulai menjengkelkan

Kehidupan di dunia maya seperti kehidupan dunia nyata, ada interaksi di dalamnya. Ada seneng ada susah bahkan menyebalkan seperti orang yang suka nyebarin info gak jelas atau bohong,alayers yang update status 100 kali dalam semenit,dan orang yang jahat yang merenggut apa yang kita miliki (kayak sinetron yang ini ya) . Ya inilah salah satu dampak negatifnya, kalau sudah ada orang yang menjengkalkan di dunia maya, mau marah dan nonjok gak akan terasa. Mau nonjok monitor,LCDnya hp atau banting leptopnya? Silahkan. Yang ada nanti nangis gara-gara gak ada biaya buat benerin.

Memang di jejaring sosial ada tombol dengan fitur remove atau blokir, tapi rasa nyesek gara-gara dibikin kesel gak ada fitur buat remove atau blokirnya. Kalau ada sudah tak pencet-pencet dah.

Dengan adanya orang-orang yang ngeselin di dunia maya, langkah yang saya ambil ya close all tab, disconect modem,kemudian teriak “kenapaaaa hidup seperti iniiii”(abaikan yang ini yaa, ini lebay). Nah kalau kalian menemui orang yang menyebalkan di dunia maya. Offline kan semua perangkat internet adalah salah satu alternatif buat nenangin diri. Tapi sebelum itu lacak dulu orang yang sudah bikin kesel tadi. Jaga-jaga misal hati masih dirundung kesal(duh bahasaku), kalian bisa datengin dia. Jangan lupa bawa leptop kalian dan ketika sudah sampai ke tempat tujuan tonjok dia pake leptopmu. Selanjutnya kalian bisa nangis karena gak ada biaya buat benerin :D.

Ada urusan yang gak bisa diselesaikan di dunia maya

kalau main internet mungkin kita kuat berpuluh-puluh jam, walau itu cuma buat stalking Timeline mantan yang sudah punya pasangan baru atau cuma scroll,scroll,scroll dan scroll, tapi yang di scroll gak penting blas. Soalnya yang discroll revisian sama laporan tugas akhir :p. Tapi inget bisa gak kuat nahan pipis yang ada di ujung berpuluh-puluh jam? Gak usah 10 jam, 10 menit sudah gemeter nih kaki. Dan bukan rahasia umum, di facebook, twitter itu gak ada yang namanya TOILET. Tentu kalian gak mau ngompol di tempat duduk kalian kan? Kecuali kalian sudah pake pampers(maaf nyebut merek ya). Selain itu yang simpel aja deh, coba lihat jemuran kalian sudah kering apa belum, terus mau hujan dan kalian masih asik dengan meratapi timeline mantan kalian (ups).

Ya ini bisa jadi alasan saya untuk sejenak meninggalkan dunia maya. Walaupun hanya sebentar ke toilet atau buang pampers kalau pakek sih. Selain gara-gara kebelet, di dunia maya juga gak ada musholla atau mesjid. Walaupun bisa dengerin adzan melalui streamingan TV online, tetep kita gak bisa sholat via status facebook atau twitter. Gak bisa sholat berjamaah via youtube. Karena Tuhan gak punya akun sosial media begitu juga malaikat yang ngawasin. Selain itu kalau sholat via facebook pahalanya masak ditentukan dari banyaknya like dan komen? Gak kan.

Jadi banyak kegiatan yang harus diselesakan dan gak bisa dilakukan di dunia maya. Misalnya seperti kalian sudah nikah dan punya pasangan. Bercinta via chat atau DM itu gak nikmat sodara :p.

Dunia nyata jauh lebih indah dibandingkan dunia maya

Di google ada foto pemandangan indaah banget, tapi itu semua cuma gambar. Gak bisa disentuh. Kalau itu gambar gunung sejuk anginnya gak akan terasa. Lihat bermacam makanan kayak soto ayam di instagram, terlihat begitu enak. Tapi percuma itu semua gak bisa dimakan. Solusi dari itu semua, ya kalau pengen rasain sejuknya pegunungan yang mendaki gunung, pengen ngerasain lezatnya soto ayam, ya makan tapi kalau beli bayar dulu, jangan ngutang terus kalau sudah tersaji jangan lupa post ke instagram kasih hestek “#m4em #dUlugh #e44.

Seindah apapun gemerlapnya dunia maya gak ada tandingannya dengan dunia nyata. Sama seperti bandingan buatan manusia dengan ciptaanNya. Sesibuk-sibuknya kita online,walaupun kadang yang kita lakuin gak penting dan gak ada hasilnya, seharusnya kita inget di dunia maya gak ada toilet,masjid,atau pom bensin, tempat parkir kayaknya juga gak ada deh. Dan semua yang ada di dunia maya itu MAYA , gak nyata. Kita mungkin bisa tertipu, misal saya asik berbicara dengan cewek cantik di facebook eh pas ketemu cowok kekar tapi masih cantik dan itu bisa bikin mual,mules,pusing(kok jadi muntaber ya -_-).  Selain itu jejaring sosial yang sangat canggih pun gak bisa gantiin interaksi sosisal secara langsung dengan keluarga,sahabat ataupun pasangan kita.

Saya gak bilang internet itu gak enak, malah banyak manfaatnya saya juga pake soalnya. Cuma sebisa mungkin manfaatin yang ada di dalamnya dan kalau perlu bikin karya juga :*.

Advertisements

14 thoughts on “Offline Dulu Yuk!

  1. Hidup tanpa internet yang aku pikirkan cuma :

    DARIMANA AKU BISA DAPATKAN KODING SELAIN DARI GOOGLE??

    DIMANA AKU BISA LIHAT EXO SELAIN DI YOUTUBE?

    wkwkwk
    udah deh gitu aja.
    aku cuman mau rusuh bentar 😛

      1. aaaaaah nggak seru ah.
        kaset di pasar tanjung?? di toko kaset aja belum tentu ada -__- barangnya impor masaaa
        harganya mahol.
        kan enakan lihat youtube gratis wkwk 😛

Makasih konentar kalian ya, semoga kalian ikhlas nulis komennya. hohoho :3

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s